RAMAI BLOG MENJELASKAN CARA MEMBUAT META TAG GOOGLE FRIENDLY sebenarnya sederhana saja. Tapi sebelum saya membahas masalah meta tag, saya mau menekankan bahwa robot mesin pencari saat ini sudah sangat mandiri, sehingga tidak terlalu membutuhkan input dari pemilik blog untuk melakukan penilaian.
Secara sederhana, penjelasan meta tag ini akan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:
Jadi langsung saja kita bahas....
META TAG PENTING
Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa robot Google dan kawan-kawan
sudah sangat mengembangkan algoritma mereka sehingga sangat sedikit
bantuan yang diperlukannya untuk menentukan poin halaman. Beberapa meta
tag yang masih sangat penting untuk SEO adalah:
META DESCRIPTION
Ini adalah meta tag yang paling penting, karena itu meta tag description
harus digunakan sebaik mungkin. Walaupun meta tag ini sangat penting,
tapi mesin pencari seperti Google bisa mengabaikannya jika dianggap
melakukan penumpukan kata kunci. Jadi jangan sampai meta description ini
mengandung kata yang pengulangannya lebih dari dua kali
Contoh Meta Description:
META ROBOTS
Meta robots ini adalah meta tag SEO FRIENDLYyang hanya digunakan jika
anda ingin memblokir robot dari suatu halaman. Oleh karena itu adalah
hal lucu jika ada yang menggunakan meta robots dengan nilai
index,follow.
Google, dan kawan-kawan tidak membutuhkan meta tag seperti ini untuk
mengindex suatu halaman, karena selama tidak ada larangan pasti akan
diindex. Jadi gunakan meta tag yang ini hanya pada halaman yang ingin
saudara jauhkan dari jamahan robot mesin pencari....
TITLE TAG
Secara teknis ini bukanlah meta tag, tapi selalu berdampingan dengan
meta description, jadi sekalian saja kita pasangkan di sini. Kenapa
title tag ini penting? Karena ini yang akan menjadi tampilan judul
halaman di hasil pencarian mesin pencari.
Mesin pencari menggunakan title tag untuk mengetahui penekanan utama
yang anda ingiinkan dari halaman yang anda buat. Tapi perlu dicatat
kalau ini dibatasi 70 karakter, jadi judul yang anda buat jangan
kepanjangan dan harus mengandung kata kunci
Contoh: Cara Membuat Meta Tag SEO Friendly
META TAG TIDAK BEGITU PENTING
Meta Content Type (charset)
Meta tag yang satu ini digunakan untuk menyatakan bagaimana encoding
suatu website. Jadi fungsi utamanya adalah agar browser tidak salah
mengenali cara menampilkan halaman anda, sehingga tayangan anda terlihat
berantakan. Ini tidak begitu penting dalam konsep SEO Friendly karena
sama sekali tidak ada urusannya dengan ranking....
Peringatan: Kalau anda salah memasang, malah bisa jadi anda sendiri yang
membuat tampilannya berantakan.... Contoh meta tag yang satu ini:
META KEYWORDS
Ini adalah meta yang paling banyak disalahpami. Meta tag yang satu ini
sudah tidak mempengaruhi ranking lagi. Model terbarunya adalah meta
news_keywords dan hanya digunakan agar Google mengenali dengan tepat
kata kunci yang anda inginkan. Tapi kalau anda melakukan metode SEO
onpage dengan benar, maka meta yang satu ini 100% tidak diperlukan.
Apa yang dimaksud dengan SEO Onpage yang benar? Secara sederhananya anda
mencetak tebal kata kunci dalam artikel, dan menaruh kata kunci dalam
judul, ataupun gambar. Jika anda melakukan ini maka tanpa meta keywords
sekalipun Google dan kawan-kawan akan menangkap penekanan utama dari
artikel anda....
Tapi kalau anda suka silahkan pasang, tapi jangan berlebihan agar tidak
merugikan anda.... Apa yang dimaksud berlebihan? Mudah saja....jangan
mengulangi suatu kata lebih dari 3 kali....
META LANGUAGE
Meta language digunakan untuk memberitahu prosesor bahasa, tentang
bahasa apa yang anda gunakan untuk menulis suatu halaman web. Meta
inipun sudah tidak berpengaruh lagi, karena Google sanggup mengenali
bahasa suatu blog walaupun anda tidak memasang meta ini. Jadi singkat
kata singkat cerita meta ini tidak ada hubungannya dengan teknik SEO
Bentuk meta tag ini dulunya adalah:
Tapi saat ini konsorsium www sudah menegaskan bahwa metode ini sudah
tidak digunakan. Anda harus menggunakan attribut dibandingkan meta tag,
jika ingin mendefinisikan bahasa. Berikut ini adalah contohnya:
Contoh aplikasi lainnya adalah saat anda menulis dalam blog bahasa
Indonesia, kemudian ada penggalan yang ditulis dalam bahasa inggris,
maka anda bisa menandai penggalan tersebut seperti contoh di bawah ini:
This result contains too many errors
META TAGS LAINNYA
Ada beberapa meta tag lainnya yang juga sering muncul dalam blog yang sedang berusaha menjadi SEO friendly, misalnya yang saya pakai di blog ini:
Ada beberapa meta tag lainnya yang juga sering muncul dalam blog yang sedang berusaha menjadi SEO friendly, misalnya yang saya pakai di blog ini:
Semuanya ini tidak begitu penting dalam SEO karena sama sekali tidak
akan memperbaiki peringkat. Sebagai contoh meta geo.country atau geo
location yang menyatakan lokasi "markas besar" dari suatu website, sudah
sejak lama diabaikan oleh Google.
Alasannya sederhana, karena banyak meta seperti ini yang justru
menyesatkan robot. Kebanyakan meta ini hasil copy paste jadi mengurangi
keakuratan informasi yang disampaikan oleh Google kepada penggunanya.
Oleh karena itu sekalian saja Google mengabaikannya.
META TAG BERESIKO
META REVISIT AFTER
Dulunya meta tag ini digunakan untuk memberitahu robot tingkat perayapan
yang kita inginkan atas blog kita. Tapi meta ini sudah diabaikan oleh
Google, karena meta ini cukup laris di antara pelaku spam. Jadi tidak
perlu repot-repot memasang meta tag revisit after yang justru tidak SEO
FRIENDLY ini.
Terlebih lagi jika anda adalah pengguna blog dengan platform blogspot. Google sendiri yang akan menentukan tingkat perayapan yang akan diberikan untuk blog anda. Jadi tidak perlu repot-repot menggunakan meta tag ini untuk memberitahu Google periode pengindeksan yang anda inginkan.
Terlebih lagi jika anda adalah pengguna blog dengan platform blogspot. Google sendiri yang akan menentukan tingkat perayapan yang akan diberikan untuk blog anda. Jadi tidak perlu repot-repot menggunakan meta tag ini untuk memberitahu Google periode pengindeksan yang anda inginkan.
META REFRESH
Ini adalah meta yang sangat tidak dianjurkan. Bahkan konsorsium WWW atau
W3C mendorong untuk tidak menggunakan meta tag yang satu ini karena
bisa mengakibatkan kebingungan pada pengguna web. Kenapa pengguna web
bisa kebingungan? Karena meta refresh ini digunakan untuk refresh suatu
halaman setiap selang waktu tertentu.
Bisa anda bayangkan jika anda sedang sibuk membaca sesuatu tiba-tiba halamannya melakukan refresh? Pasti kesalkan? Dan anda masih harus mencari di mana tadi posisi terakhir bacaan anda....
Contoh meta refresh untuk reload setiap 10 detik....
Bisa anda bayangkan jika anda sedang sibuk membaca sesuatu tiba-tiba halamannya melakukan refresh? Pasti kesalkan? Dan anda masih harus mencari di mana tadi posisi terakhir bacaan anda....
Contoh meta refresh untuk reload setiap 10 detik....
Meta refresh ini juga banyak dilakukan oleh webmaster yang ingin
melambungkan nilai pageview per visit dari blognya. Karena sama sekali
tidak membawa manfaat, dan malah membuka celah untuk web spam....Google
pun mengabaikan meta yang satu ini....
Apa yang dimaksud dengan web spam? Ya, meta ini sering digunakan untuk menipu Google agar mengantarkan pengunjung ke suatu halaman. Dan setelah pengunjungnya sampai, dia akan diarahkan ke situs lain. Di bawah ini adalah contoh dari penerapannya:
Apa yang dimaksud dengan web spam? Ya, meta ini sering digunakan untuk menipu Google agar mengantarkan pengunjung ke suatu halaman. Dan setelah pengunjungnya sampai, dia akan diarahkan ke situs lain. Di bawah ini adalah contoh dari penerapannya:
Kesimpulan:
Jadi jika tujuan saudara adalah meta tag yang SEO Friendly, maka hanya
ada 3 tag yang perlu anda perhatikan, yaitu: Title, Description, dan
Robots. Yang lainnya tidak perlu terlalu dipikirkan....